Selamatkan Mata Air Temanggung, Ratusan Ribu Pohon Ditanam di Lereng Gunung

Penanaman pohon bertujuan untuk mencegah penyusutan debit ratusan mata air di wilayah tersebut.
Jumat, 03 Des 2021 08:27 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Temanggung, Pos Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menanam ratusan ribu pohon di lereng Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau. Penanaman pohon bertujuan untuk mencegah penyusutan debit ratusan mata air di wilayah tersebut.

Ini merupakan misi menyelamatkan lingkungan hidup. Sekarang semua desa mengeluh debit mata air menyusut, mati kalau tidak dimulai sekarang akan berpengaruh terhadap lingkungan, dan keberlangsungan hidup generasi penerus, ujar Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, saat kegiatan Gerakan Ansor Menanam Pohon di Kledung, Rabu (1/12).

Bupati mengaku bersyukur bisa memulai gerakan penanaman pohon ini sebagai langkah awal konservasi di Kabupaten Temanggung. Terlebih saat ini masyarakat mulai mengeluhkan sejumlah sumber mata air yang mati.

Oleh karena itu, mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Temanggung akan menanam pohon konservasi sekurangnya ada 500 ribu pohon. Dari Ansor akan ditanam 110 ribu dari Pemuda Muhammadiyah 110 ribu. Kemudian dari relawan-relawan yang lain akan melakukan gerakan menanam, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, saat ini kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Temanggung dinilai kritis. Kurang lebih ada 13.000 hektare lahan di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, Prahu masuk kategori kritis.

Baca juga :