Satgas Pangan DIY Gencar Awasi Distribusi Pangan

Satgas Pangan DIY menggencarkan pemantauan distribusi pangan di lima kabupaten dan kota menghadapi libur Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.
Sabtu, 15 Des 2018 12:15 WIB Author - Fathor Rasi

YOGYAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggencarkan pemantauan distribusi pangan di lima kabupaten dan kota menghadapi libur Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Kepala Seksi Pangan dan Penyaluran Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Guntur Wahyu Anggoro mengatakan, Satgas Pangan yang telah dibentuk pada November itu terdiri atas unsur Polda DIY, Disperindag DIY, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY, serta Dinas Pertanian DIY.

Mulai awal Desember kami sudah turun di kalangan distributor hingga pedagangan sampai tingkat bawah, kata Guntur di Yogyakarta, Sabtu (15/12).

Menurutnya, gangguan distribusi pangan baik karena hasil pertanian atau industri perlu diwaspadai setiap menghadapi momentum hari besar keagamaan dan akhir tahun. Melonjaknya harga komoditas pangan, kata dia, tidak jarang disebabkan aksi-aksi penimbunan.

Pengawasan bersama Satgas Pangan, kata dia, lebih ditekankan untuk mencegah adanya penimbunan kebutuhan pokok yang mengakibatkan gejolak harga di pasaran. Namun, berdasarkan pengecekan di sejumlah pasar tradisional maupun pihak distributor, secara umum kondisi persediaan seluruh kebutuhan pokok di DIY aman.

Baca juga :