Persiapan Jelang Iduladha, Pemkab Klaten Kembali Buka Pasar Hewan

Pemkab Klaten kembali membuka pasar hewan mulai Rabu (29/6) dalam rangka menyambut pelaksanaan ibadah kurban Iduladha dua pekan mendatang.
Rabu, 29 Jun 2022 10:46 WIB Author - Inas Mufidatul Insyiroh

Klaten, Pos Jateng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten kembali membuka pasar hewan mulai Rabu (29/6), setelah sebelumnya sempat ditutup selama beberapa minggu untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Kebijakan tersebut diambil dalam rangka menyambut pelaksanaan ibadah kurban Iduladha dua pekan mendatang.

Dalam rangka persiapan Iduladha, pasar hewan di Kabupaten Klaten kembali dibuka. Sehingga masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban tidak kesulitan mencari hewan kurban dan tercukupi dari peternak lokal, ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat pencanangan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Selasa (28/6).

Pihaknya melanjutkan, supaya penyebaran PMK tetap terkendali dan bisa diantisipasi, beberapa standar operasional prosedur (SOP) akan diterapkan selama pembukaan pasar hewan tersebut.

Namun ada syaratnya, harus disiapkan segala SOP yang harus dipenuhi saat pelaksanaan operasional pasar hewan. Kami minta semua stakeholder, dari DKPP, Disdagkop, Polres dan Kodim Klaten untuk ikut memantau kegiatan pasar hewan, katanya.

Meski kembali dibuka, Sri Mulyani menegaskan, hewan ternak dari luar Klaten masih tidak boleh masuk untuk diperjualbelikan di daerahnya. Bahkan, hewan dari peternak lokal pun harus lolos skrining oleh tim veteriner Kabupaten Klaten.

Baca juga :