Pemkab Wonogiri Usung Siridamini pada PPD Tingkat Nasional 2022

Pemkab Wonogiri mengusung Siridamini pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional 2022.
Selasa, 05 Apr 2022 11:37 WIB Author - Kurniasari Alifta Ramadhani

Wonogiri, Pos Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengusung Sistem Resi Gudang Mengayomi Petani (Siridamini) pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional 2022. Siridamini merupakan inovasi yang menyediakan jasa simpan hasil panen gabah bagi para petani.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Wonogiri, Heru Utomo mengatakan, Siridamini memiliki beberapa keunggulan dibanding sistem resi gudang daerah lainnya. Siridamini memungkinkan para petani menunda penjualan saat panen raya.

Keunggulannya yang pertama, Siridamini menyediakan jasa simpan hasil panen sehingga para petani bisa melakukan tunda jual gabahnya. Biasanya harga gabah saat panen raya anjok. Dengan adanya Siridamini ini, petani bisa simpan dulu gabahnya dan menunda penjualan sehingga harganya tidak terlalu rendah, kata Heru seperti dikutip dari wonogirikab.go.id, Senin (4/4).

Heru menambahkan, keunggulan Siridamini yang lain, yakni terbentuknya Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Pengayom Tani Sejagad, yang kini telah berhasil memproduksi beras organik dengan berbagai varian dan berhasil melakukan ekspor ke beberapa negara seperti Thailand dan Amerika Serikat.

Keberhasilan Siridamini Wonogiri ini yang juga merupakan keunggulan lainnya, terletak pada kekuatan kerja sama antar stakeholder, baik Pemkab sendiri melalui Dinas KUKM dan Perindag, terbentuknya Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Pengayom Tani Sejagad, serta perbankan dalam sistem pinjaman melalui jaminan hasil panen petani. Hal ini mungkin tidak ada di daerah lain, ungkapnya.

Baca juga :