DKPP Klaten Vaksinasi PMK Hewan Ternak Serentak di Lima Puskeswan

Sejumlah hewan ternak di lima Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Klaten diberi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara serentak
Rabu, 29 Jun 2022 15:55 WIB Author - Dina Rizky Fitriyanti

Klaten, Pos Jateng Sejumlah hewan ternak di lima Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Klaten diberi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara serentak, Selasa (28/6). Kepala DKPP Klaten, Widiyanti mengatakan, vaksinasi tahap pertama ditargetkan selesai sebelum Sabtu (2/7).

Untuk vaksinasi tahap pertama, sasarannya sesuai dosis yang diterima, yaitu 2.200 ekor untuk sapi sehat. Tersebar di 33 desa di 13 kecamatan, paparnya saat mendampingi Bupati meninjau vaksinasi PMK di kandang komunal di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Selasa (28/6).

Widiyanti menambahkan, kriteria sapi yang menerima vaksin PMK adalah sapi yamg sehat dan masa pemeliharannya lama.

Selain itu, di dalam satu kendang tidak ada suspek, karena sudah terbentuk antibodi sehingga tidak perlu divaksin, imbuhnya.

Adapun alokasi vaksin PMK pada masing-masing puskeswan kecamatan, yaitu Puskeswan Jatinom 600 dosis, Puskeswan Karangnongko 600 dosis, Puskeswan Jogonalan 500 dosis, Puskeswan Trucuk 400 dosis, dan Puskeswan Kota ditambah wilayah Delanggu, Polanharjo, Wonosari, dan Juwiring 100 dosis.

Baca juga :