Stok Beras di Pemalang Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Dispertan Pemalang mencatat stok beras di Pemalang ada 5.298 ton hingga Rabu (14/12).
Kamis, 15 Des 2022 14:15 WIB Author - Kurniasari Alifta Ramadhani

Pemalang, Pos Jateng Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pemalang menjamin stok beras aman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Dispertan mencatat stok beras di Pemalang ada 5.298 ton hingga Rabu (14/12).

Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Dispertan Pemalang, Imam Mukarto mengatakan, jumlah stok beras di Pemalang masih akan terus bertambah, karena beberapa daerah seperti Kecamatan Petarukan belum melakukan panen.

Jamin kita Pemalang, aman untuk stok beras sampai pergantian tahun nanti. Bahkan melimpah, karena daerah kita termasuk daerah yang memiliki musim panen yang berbeda. Sepanjang tahun pasti ada panen, sehingga tidak perlu menghawatirkan stok beras, kata Imam Mukarto melalui keterangannya, Rabu (14/12).

Imam menambahkan, jika dibandingkan tahun lalu, pada 2022 ini petani mengalami penurunan jumlah panen. Hal tersebut karena adanya musim kemarau berkepanjangan di pertengahan tahun serta serangan hama. Meski demikian, ia memastikan stok beras di Pemalang tetap aman.

Jumlah panen kita di tahun lalu ada sekitar 409.805 ton padi kering giling. Sedangkan di 2022 ini ada 405.440 ton padi kering giling. Jadi penurunan produksi sekitar 4.365 ton padi kering giling. Karena serangan hama, bencana kekeringan, serta air rob menjadikan beberapa kawasan tidak dapat maksimal saat panen, ujarnya.

Baca juga :