Pakai Program Adek Manja, Jasa Pengiriman KTP dan KIA di Klaten Lebih Mudah

Dengan Adek Manja, dokumen akan diantar langsung ke rumah warga menggunakan ojol.
Jumat, 13 Agst 2021 09:56 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Klaten, Pos Jateng - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan inovasi Adek Manja (Antar Dokumen KTP-KIA Aman Terjaga) dengan menggandeng ojek online (ojol). Adek Manja bertujuan mempermudah warga Klaten agar tidak harus repot datang ke kantor Disdukcapil hanya untuk sekedar mengambil dokumen. Dengan Adek Manja, dokumen akan diantar langsung ke rumah warga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto mengatakan program dimulai sejak Mei 2021 lalu. Sambuatan masyarakat sangat baik, diukur permintaan pengiriman dokumen yang terus terjaga.

Kondisi pandemi ini kami ingin tetap menjaga keselamatan masyarakat. Inovasi ini untuk memaksa masyarakat tidak berkerumun atau repot datang ke kantor Klaten sekedar untuk mengambil dokumen KTP elektronik atau KIA. Kami ingin memberikan banyak kemudahan, katanya dalam keterangan tertulis di laman klatenkab.go.id, Kamis (12/8).

Sri menambahkan, program ini juga bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di kala pandemi, khususnya ojol.

Pandemi yang panjang ini memukul ekonomi banyak sektor termasuk teman-teman ojol. Jadi gayung bersambut istilahnya. Layanan publik kami di Disdukcapil bisa jalan, artinya dokumen kependudukan yang sudah jadi dicetak tidak menumpuk karena belum diambil pemohon, sekaligus memberdayakan rekan ojol, ujarnya.

Baca juga :