Pakai Program Adek Manja, Jasa Pengiriman KTP dan KIA di Klaten Lebih Mudah

Pakai Program Adek Manja, Jasa Pengiriman KTP dan KIA di Klaten Lebih Mudah Ilustrasi petugas Dukcapil saat mengirimkan dokumen kependudukan melalui ojol. Foto: klatenkab.go.id

Klaten, Pos Jateng - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan inovasi Adek Manja (Antar Dokumen KTP-KIA Aman Terjaga) dengan menggandeng ojek online (ojol).  Adek Manja bertujuan mempermudah warga Klaten agar tidak harus repot datang ke kantor Disdukcapil hanya untuk sekedar mengambil dokumen. Dengan Adek Manja, dokumen akan diantar langsung ke rumah warga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto mengatakan program dimulai sejak Mei 2021 lalu. Sambuatan masyarakat sangat baik, diukur permintaan pengiriman dokumen yang terus terjaga.

“Kondisi pandemi ini kami ingin tetap menjaga keselamatan masyarakat. Inovasi ini untuk memaksa masyarakat tidak berkerumun atau repot datang ke kantor Klaten sekedar untuk mengambil dokumen KTP elektronik atau KIA. Kami ingin memberikan banyak kemudahan,” katanya dalam keterangan tertulis di laman klatenkab.go.id, Kamis (12/8).

Sri menambahkan,  program ini juga bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di kala pandemi, khususnya ojol.

“Pandemi yang panjang ini memukul ekonomi banyak sektor termasuk teman-teman ojol. Jadi gayung bersambut istilahnya. Layanan publik kami di Disdukcapil bisa jalan, artinya dokumen kependudukan yang sudah jadi dicetak tidak menumpuk karena belum diambil pemohon, sekaligus memberdayakan rekan ojol,” ujarnya.

Sebagai informasi, dilansir dari laman dukcapil.klatenkab.go.id, cara mengakses layanan Adek Manja cukup mudah. Setelah mendapatkan kepastian dari Disdukcapil Klaten kalau dokumen yang dimohon sudah dicetak melalui e-mail, pemohon cukup menggonfirmasi ke nomor 0812-1729-6404 dengan mengetikan Adek Manja, nama dokumen yang diambil, nama pemohon, Nomor Register dan nomor dokumen.

Langkah berikutnya pemohon memesan layanan ojol dengan alamat Disdukcapil dan alamat tujuan, yakni rumah pemohon dengan format ambil (nama dokumen), nomor register, nomor dokumen induk yang diambil.

Setelah dibalas petugas ojol, pemohon harus mengkonfirmasi ulang petugas Disdukcapil dengan mengetik Adik Manja (dokumen yang diambil) nama, nomor register dan nomor plat motor ojol. Pesan ini lalu diverifikasi petugas pelayanan.

Jika data sesuai, maka petugas pelayanan menyerahkan dokumen kependudukan dimaksud dalam amplop untuk dikrim kepada pemohon. Setelah dokumen diterima, pemohon untuk mengkonfirmasi ulang ke petugas layanan dengan mengetik dengan format Adik Manja dan ketikkan telah diterima ke nomor layanan dan proses selesai.