Mahasiswa Gelar Aksi di Beberapa Daerah Se-Jateng

Tuntutan yang disuarakan seperti yang disampaikan pada reli pekan lalu. Seperti menolak sejumlah RUU dengan pasal ngawur.
Senin, 30 Sep 2019 14:34 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

SEMARANG - Mahasiswa dan berbagai elemen menggelar unjuk rasa di berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng), hari ini (Senin, 30/9). Seperti pekan lalu, tuntutan mereka masih terkait pengesahan dan pembahasan sejumlah rancang undang-undang (RUU) yang dianggap ngawur.

Mereka pun menuntut demiliterisasi di Papua, pembebasan aktivis, penghentian tindakan represi dan kriminalisasi oleh aparat, serta pengusutan kasus-kasus pelanggaran HAM. Juga mendesak negara menangkap dan mengadili pengusaha dan korporasi pembakar hutan.

Seperti yang terjadi di Karanganyar. Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Aliansi Lawu Bergerak menyambangi kantor DPRD setempat. Menyampaikan aspirasinya.

Demonstrasi serupa berlangsung di Kota Salatiga, Kota Surakarta, dan Kota Semarang. Massa lalu bertolak ke kantor DPRD masing-masing. Usai bertemu di titik kumpul dan melakukan reli.

Aksi serupa pun digelar di Ibu Kota dan berpusat di kompleks Parlemen. Juga di sejumlah daerah lain se-Indonesia.

Baca juga :