Longsor Ancam Rusunawa Mojosongo Solo

Gedung hunian vertikal itu dibangun Kementerian PUPR
Kamis, 24 Jan 2019 09:54 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Surakarta - Rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), terancam longsor dari tebing di sampingnya karena tak dibuatkan talut.

Tanah miring setinggi 5-6 meter di sisi selatan kompleks blok C dan D perlahan ambrol, akibat guyuran hujan beberapa hari terakhir. Pantauan Rabu (23/1), tanah lapis kedua (subsoil) di tebing sudah tampak jelas.

Rumpun bambu di atas, tampaknya sudah mati. Saya khawatir, kalau longsor, lagi akan jatuh menimpa bangunan, ujar seorang pekerja bangunan, Yopi (19).

Sementara, dibiarkan seperti ini, karena memang tidak masuk (anggaran) proyek (pembangunan rusunawa), sambung dia. Longsor terjadi pascahujan deras pada Minggu-Senin (20-21/1).

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sewa Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) Surakarta, Toto Jayanto, menyatakan, pernah mengusulkan pembuatan talut. Namun, belum disetujui.

Baca juga :