Ganjar Minta Pertanggungjawaban Vaksinasi Diturunkan pada Gubernur

Sehingga, percepatan vaksinasi lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan wilayah.
Rabu, 14 Jul 2021 15:41 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Kota Semarang, Pos Jateng - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menyerahkan pertanggungjawaban vaksinasi kepada gubernur. Sehingga, percepatan vaksinasi lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan wilayah.

Saya usul agar seluruh koordinasi vaksinasi serahin saja sama gubernur-gubernur. Gubernur saja suruh pertanggungjawaban seluruhnya, ujarnya usai mengikuti rakor evaluasi perkembangan vaksinasi di Jawa Bali, dilansir dari jatengprov.go.id, Rabu (14/7).

Ia mengatakan, jika diserahkan ke gubernur, maka pendistribusian bisa memenuhi unsur ketepatan, yakni jumlah penduduk, wilayahnya, dan kecepatan. Hal tersebut juga bisa menunjukkan menunjukkan komitmen dari kepala daerah setempat sejauh mana ingin menangani pandemic.

Ia mengambil contoh beberapa daerah di wilayah Jateng yang warganya antusias mendapatkan vaksin, seperti Kota Semarang dan Grobogan. Tingginya antusiasme tidak sebanding dengan dosis vaksin yang diberikan.

Mengatasi hal tersebut, ia berinisiatif dengan mengalihkan alokasi vaksin daerah yang cakupan vaksinnya rendah, serta mengirimkan dosis vaksin yang dimiliki pemprov.

Baca juga :