60% Lansia di Kota Besar Jateng Telah Divaksinasi

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mendata sampai saat ini vaksinasi lansia di sejumlah kota besar baru mencapai 60%.
Selasa, 10 Agst 2021 09:26 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Kota Semarang, Pos Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mendata sampai saat ini vaksinasi lansia di sejumlah kota besar baru mencapai 60%. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong percepatan vaksinasi demi mengurangi angka kematian lansia akibat Covid-19.

Untuk kota-kota besar seperti Semarang, Solo, itu (vaksinasi) sudah tinggi. Sudah di atas 60%, kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, usai Rapat Penanganan Covid-19 bersama Gubernur, Senin (9/8).

Yuliato mengatakan, lansia yang sudah divaksin tersebar di kabupaten/ kota se-Jateng sekitar 30%. Oleh karena itu, pihaknya terus memprioritaskan vaksinasi lansia dan pralansia. Selain itu, memprioritaskan vaksinasi bagi warga yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Jadi pak gubernur sudah instruksikan pada kabupaten/ kota, untuk sasaran prioritas lansia dan pralansia. Selain juga komorbiditas. Karena komorbid merupakan penyakit penyerta yang mempunyai dampak kematian yang tinggi, sehingga komorbid perlu menjadi perhatian, ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa lansia dan mereka yang memiliki penyakit penyerta, masuk dalam prioritas vaksin.

Baca juga :