Vaksin Booster Covid-19 Diprioritaskan untuk Lansia dan Penderita Imunitas

Selain lansia, booster juga diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas yang memiliki gangguan atau penyakit yang menyerang sistem imuni
Rabu, 24 Nov 2021 12:30 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Nasional, Pos Jateng - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pemberian vaksin booster atau suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 pada awal 2022 diprioritaskan bagi warga lanjut usia (lansia).

Selain lansia, booster juga diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas yang memiliki gangguan atau penyakit yang menyerang sistem imunitas.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemilihan target sasaran vaksinasi booster sesuai dengan penelitian global dan anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO) saat ini.

Kita tahu bahwa pemberian vaksinasi booster atau dosis ketiga yang sudah keluar rekomendasinya hanya kepada tenaga kesehatan yang sudah dimulai, lalu lansia dan usia di atas 18 tahun dengan penyakit imunitas, kata Nadia dalam keterangannya, Selasa (23/11).

Nadia mengatakan, booster bagi lansia dan warga dengan penyakit imunitas diberikan secara gratis, pemerintah saat ini masih menghitung perkiraan harga bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk rencana vaksinasi booster yang berbayar, meski masih belum diketahui kapan pelaksanaannya.

Baca juga :