PT Agincourt Martabe Praktikkan Keberagaman Gender dalam Operasional Perusahaan

PT Agincourt Resources (PTAR) menyatakan telah menerapkan kesetaraan gender pada seluruh aspek operasional perusahaan.
Rabu, 20 Jul 2022 10:33 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Parapat, Pos Jateng - PT Agincourt Resources (PTAR) menyatakan telah menerapkan kesetaraan gender pada seluruh aspek operasional perusahaan. Praktikkan kesetaraan gender diimplementaskan seperti kebijakan cuti hamil bagi ibu dan ayah, kode praktik manajemen pembatasan kerja terkait kehamilan, dan kebijakan laktasi.

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis mengatakan, kebijakan dengan perspektif kesetaraan gender telah dilakukan sejak 2016. Bahkan, sebanyak 26% posisi di PTAR diisi oleh perempuan, sesuai minat, dan kompetensi masing-masing.

Kami juga membangun budaya dan lingkungan kerja yang mempromosikan martabat dan rasa hormat, tempat kerja bebas dari diskriminasi, intimidasi, penindasan atau pelecehan. Selain itu, kami menyediakan program pelatihan dan penyadaran bagi tenaga kerja untuk meningkatkan pemahaman atas isu keberagaman dan kesetaraan gender, kata Rahmat saat menghadiri di gelaran Women 20 (W20) Summit di Danau Toba, Parapat, Selasa (19/7).

Rahmat menjelaskan, upaya perusahaan dalam keberagaman gender membuahkan hasil positif yakni meningkatnya partisipasi perempuan. Ini terbukti dari kenaikan komposisi karyawan perempuan dari 25% per akhir 2019 menjadi 26% per akhir 2021. Di sektor ekstraktif, PTAR satu-satunya perusahaan tambang emas di Indonesia yang memiliki komposisi karyawan perempuan hingga 26%.

Salah satu pekerja PTAR, Latipa Henim Siregar mengapresiasi praktik keberagaman gender di Tambang Emas Martabe. Perempuan kelahiran Batangtoru, Tapanuli Selatan, itu bekerja di PTAR sejak 2004 dengan posisi awal sebagai Junior Geologist. Selama 18 tahun bekerja hingga kini, Latipa sudah mengalami empat kali promosi jabatan hingga akhirnya ia menduduki posisi Superintendent Grade Control Operations, Departemen Mine Geology.

Baca juga :