Pasien Covid-19 Dianiaya Warga, Komisi III: Penanganan Covid-19 di Toba Buruk

Dia menegaskan, tidak ada alasan bagi Satgas Covid-19 daerah menelantarkan pasien Covid-19.
Senin, 26 Jul 2021 09:52 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang mengecam keras Bupati Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Poltak Sitorus terkait aksi penganiayaan yang dilakukan sejumlah warga terhadap pasien isolasi mandiri (isoman) di Desa Pardomuan, Kecamatan Silaen.

Menurut dia, Poltak harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut karena Poltak juga berperan sebagai Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Covid-19.

Ini kesalahan Kasatgasnya. Kejadian seperti ini tidak akan pernah terjadi apabila Kasatgas Covid-19 Kabupaten Toba dan perangkatnya menjalankan perintah Presiden dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tentang penanganan Covid-19 dan penerapan cara penanganan masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19, katanya, dilansir dari Alinea.id, Senin (26/7).

Dia menegaskan, tidak ada alasan bagi Satgas Covid-19 daerah menelantarkan pasien Covid-19. Sekalipun pasien yang ditetapkan menjalani isolasi mandiri, harus tetap mendapatkan pemantauan.

Apa yang terjadi di Toba ini, berdasarkan informasi yang beredar jelas kesannya pasien tersebut telah ditelantarkan. Karena tidak ada pemantauan dan pendampingan yang diberikan kepadanya, ujarnya.

Baca juga :