Ngotot mudik, kasus Covid-19 akan meroket

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk meminimalisasi potensi masyarakat mudik Lebaran saat pandemi Covid-19.
Kamis, 15 Apr 2021 09:07 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Pemerintah telah melarang mudik lebaran tahun ini. Jika masyarakat tetap ngotot mudik, maka risikonya adalah kasus positif Covid-19 akan melonjak.

Saat ini, vaksinasi massal belum dilakukan sehingga bila banyak mobilisasi risiko akan terjadi kenaikan kasus lagi. Protokol kesehatan harus gencar,terus dilakukan, ujar ahli penyakit tropik dan infeksi, Erni Juwita Nelwan, Rabu (14/4).

Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa pemerintah lakukan untuk mencegah masyarakat mudik. Edukasi risiko dan manfaat, lakukan tindakan yang simpatik dalam melarang, dan ada aturan yang tegas buat semua.

Erni berpendapat, mencegah masyarakat mudik tidak bisa hanya dilakukan pusat. Pemerintah daerah (pemda) pun harus berperan. Koordinasi antardaerah bisa menjadi salah satu cara.

Lakukan sistem isolasi sebelum keluar masuk suatu daerah, bahkan yang ekstrem swab buat semua pendatang yang biayanya bisa sharing, ucap dia.

Baca juga :