Pemkab Banyumas Bangun TPA Khusus Edukasi Anak, Akhir 2021 Selesai

Pemkab Banyumas Bangun TPA Khusus Edukasi Anak, Akhir 2021 Selesai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyumas, Junaidi saat meninjau TPA Kalibagor. Foto: banyumas.go.id

Banyumas, Pos Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas tengah membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan konsep Berbasis Lingkungan dan Edukasi (BLE) di Kecamatan Kalibagor. Nantinya, TPA tersebut difungsikan sebagai sarana edukasi anak-anak Banyumas terkait pengolahan sampah yang baik dan benar.

“Berbeda dengan tempat pengolahan sampah pada umumunya yang fokus pada 3 R (Reduce, Reuse, Recycle), TPA ini akan dilengkapi dengan kolam renang, pabrik plastik, kolam dan lainya untuk mengedukasi anak,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyumas, Junaidi, dilansir dari banyumaskab.go.id pada Rbau (28/7).

Ia menjelaskan, TPA di Kalibagor terdapat edukasi pemanfaatkan hewan maggot sebagai kompos. Kemudian, tedapat fasilitas pabrik plastik, kolam lele, serta ada juga kolam renang sebagai sarana rekreasi anak-anak. Ia memastikan, fasilitas tersebut tidak ada di TPA lain.

“Karena produk sampah itu ternyata bisa jadi bubur sampahnya nanti bisa untuk pakan maggot, maggot untuk pakan lele kemudian yang sampah plastik yang bisa didaur ulang menjadi bahan pelet plastik dan sebagainya sehingga di sana ada pabrik plastiknya,” terangnya.

Ia mengatakan pembangunan baru mencapai sekitar 40%. Namun, semua alat-alat peraga pendidikan sudah jadi dan tinggal menunggu kesiapan bangunan. Ia berharap pada Sempertember atau Oktober 2021 sudah bisa dioperasionalkan.

“Insyaallah nanti di Agustus alat-alat itu sudah dimobilisasi dari lokasi pabrik menuju kelokasi,” tambahnya.

Terkait anggaran, ia menjelaskan mendapat dana dari APBN sejumlah Rp44 miliar. Sementara, APBD Banyumas membantu dengan Rp6,3 miiar.

“Kita mendapatkan anggaran APBN sebanyak 44 M sedangkan dana pendamping dari APBD sebesar 6,3 M,” pungkasnya.