Surakarta Jadi Percontohan Kota Wisata Kebugaran di Indonesia

Penetapan tersebut dapat memberikan dampak yang positif pada sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.
Selasa, 23 Nov 2021 09:08 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Surakarta, Pos Jateng - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menetapkan Kota Surakarta sebagai salah satu kota percontohan Wellness Tourism (Wisata Kebugaran) dan Wellness City (Kota Kebugaran) di Indonesia.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming mengatakan, penetapan tersebut dapat memberikan dampak yang positif pada sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, saat ini masyarakat cenderung lebih peduli pada masalah kesehatan.

Jadi misalkan kunjungan ke luar kota atau ke tempat wisata, yang menjadi concern apakah tempatnya sehat gak, ada (aplikasi) PeduliLindungi nggak, para stafnya sudah divaksin belum, ujar Gibran dalam keterangannya, dilansir dari jatengprov.go.id, Senin (21/11).

Gibran menjelaskan, untuk mendukung Wellness Tourism, pihaknya akan menonjolkan minuman herbal, spa, dan lainnya dalam wisata Kota Surakarta. Pemkot juga akan mendampingi para pelaku UMKM terkait tata cara pembuatan jamu sesuai standar BPOM serta pengemasan produknya.

Selain itu, ia juga menyiapkan dukungan, khususnya RSUD Bung Karno, dengan menyediakan dan menggunakan obat herbal dalam penyembuhan pasien.

Baca juga :