Siaga Bencana, BPBD Kota Yogyakarta Pastikan Logistik Kedaruratan Cukup hingga Akhir Tahun

BPBD Kota Yogyakarta memastikan logistik kedaruratan bencana yang dimiliki masih mencukupi hingga akhir tahun.
Rabu, 12 Okt 2022 16:44 WIB Author - Dina Rizky Fitriyanti

Kota Yogyakarta, Pos Jateng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana dalam menghadapi cuaca ekstrem, salah satunya memastikan ketersediaan logistik kedaruratan. Sub Koordinator Kedarutan dan Logistik BPBD Kota Yogyakarta, Singgih Purnomo mengatakan, ketersediaan logistik untuk penanganan kedaruratan bencana yang dimiliki pihaknya masih mencukupi hingga akhir tahun.

Kami menyediakan terpal, karung, dan logistik makanan untuk penanganan kedaruratan kebencanaan. Jumlahnya diperkirakan cukup sampai akhir tahun, paparnya, Selasa (11/10).

Singgih menambahkan, logistik tersebut akan didistribusikan langsung ke lokasi bencana atau masyarakat yang terdampak bencana. Saat terjadi bencana, pihaknya akan langsung melakukan asesmen kebutuhan logistik.

Kami akan langsung mendistribusikan bantuan logistik untuk penanganan sementara sesuai hasil asesmen. Awal Oktober kemarin kita sudah mendistribusikan logistik berupa terpal dan karung ke Kecamatan Tegalrejo saat terjadi talud (tebing sungai) yang longsor, imbuhnya.

Penanganan talud yang longsor, lanjut Singgih, biasanya membutuhkan bantuan terpal dan karung. Karung-karung tersebut akan diisi pasir untuk mencegah longsoran agar tidak semakin meluas.

Baca juga :