Perkuat Edukasi Bencana, BPBD Klaten Gelar Sosialisasi Ancaman dan Mitigasi Gempa Bumi

BPBD Klaten memperkuat edukasi bencana kepada masyarakat dengan menggelar sosialiasi potensi ancaman dan mitigasi gempa bumi.
Rabu, 08 Jun 2022 14:00 WIB Author - Dina Rizky Fitriyanti

Klaten, Pos Jateng Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten terus memperkuat edukasi bencana kepada masyarakat, salah satunya dengan menggelar sosialiasi potensi ancaman dan mitigasi gempa bumi. Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Klaten, Endang Hadiati mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam menghadapi gempa bumi kepada masyarakat.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman terhadap bencana dan mengurangi resiko bencana gempa bumi bagi masyarakat, paparnya, Selasa (7/6).

Endang menambahkan, kegiatan ini juga sebagai penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal.

Nantinya, sebagai tindak lanjut kegiatan ini, akan ditetapkan zonasi daerah rawan gempa di Kabupaten Klaten, imbuhnya.

Sementara itu, Pakar Geologi UGM sekaligus Kepala Stasiun Lapangan Geologi Prof. R. Soeroso Hadipawiro, Didit Hadi Barianto mengatakan, sebagai daerah rawan gempa, masyarakat Klaten harus lebih memahami bencana gempa itu sendiri.

Baca juga :