Pemkab Sragen Canangkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen ASN

Hal tersebut sebagai langkah alternatif Pemkab dalam membantu pengobatan pasien Covid-19 di Sragen.
Kamis, 22 Jul 2021 08:55 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Sragen, Pos Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mencanangkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen ASN. Hal tersebut sebagai langkah alternatif Pemkab dalam membantu pengobatan pasien Covid-19 di Sragen.

Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan dalam mengobati pasien Covid-19 bergejala ringan, sedang hingga berat. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19, terang Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dilansir dari sragenkab.go.id.

Ia menyampaikan, cukup banyak warga yang membutuhkan donor plasma konvalesen akibat Covid-19. Sehingga, ia bersama Pemkab berinisiatif membantu dengan menggerakan masyarakat yang pernah terjangkit Covid-19 untuk donor plasma.

Namun, untuk mengawalinya dimulai dari ASN terlebih dahulu agar memberi contoh. Ide ini diinisiasi oleh Pak Sekda dan Plt. Asisten 1 yang nantinya akan mendata, ujarnya.

Ia menginformasikan, terdapat ratusan ASN Sragen yang pernah terpapar Covid-19 dan berangsur-angsur sembuh. ASN tersebut nantinya akan didata oleh Plt. Asisten 1 Setda Sragen per masing-masing OPD.

Baca juga :