Mayoritas Gedung Sekolah di Yogyakarta Belum Aman Bencana

Baru dua gedung SD dari puluhan gedung yang berstatus Sekolah Aman Bencana
Senin, 22 Okt 2018 17:43 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Yogyakarta - Mayoritas gedung sekolah di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), belum memiliki kesadaran atas bahaya bencana. Sebab, belum memiliki jalur evakuasi dan titik kumpul.

Dari puluhan gedung sekolah dasar (SD) dan menengah pertama (SMP), kata Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta, Hari Wahyudi, baru dua SD menyandang status Sekolah Aman Bencana. Yakni, SD Baluwarti dan SD Bangunrejo.

Mungkin, sekolah merasa belum penting untuk menyusun jalur evakuasi dan titik kumpul yang aman. Sehingga, tidak membuatnya. Akan sedikit kami paksa, agar sekolah bisa menyadari pentingnya jalur evakuasi, ujarnya di Yogyakarta, Minggu (21/10).

Upaya yang dilakukan BPBD Yogyakarta, menggencarkan sosialisasi Sekolah Aman Bencana ke SD dan SMP pada 2019. Harapannya, sekolah memiliki kesadaran pentingnya mitigasi bencana, termasuk rencana evakuasi.

Belum ada rencana menambah jumlah Sekolah Aman Bencana tahun depan. Kami sosialisasikan dulu, karena penetapan Sekolah Aman Bencana membutuhkan komitmen sekolah, jelasnya.

Baca juga :