Masuk Musim Penghujan, BPBD Kota Yogyakarta Pastikan EWS Berfungsi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta memastikan alat sistem peringatan dini bencana banjir atau EWS berfungsi.
Selasa, 02 Nov 2021 11:01 WIB Author - Dessy Nuraulia

Yogyakarta, Pos Jateng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta memastikan alat sistem peringatan dini bencana banjir atau early warning system (EWS) berfungsi dengan baik. Kepala Pelaksana BPBD, Nur Hidayat, mengatakan sudah mengecek kondisi EWS sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana memasuki musim hujan.

Terkait kesiapsiagaan kami siapkan peralatan- peralatan terkait seperti EWS. Kami sudah melakukan opname atau pengecekan. Semua EWS dalam kondisi baik, kata Nur Hidayat, pada keterangan resmi, Senin (1/11).

Nur Hidayat menjelaskan, EWS ini telah terpasang di 16 titik tepi sungai beraliran besar di Kota Yogyakarta yakni Sungai Code 7 titik, Sungai Winongo 4 titik dan di Sungai Gajah Wong 5 titik.

EWS akan memberikan peringatan dini di masyarakat sepanjang bantaran sungai apabila ada potensi luapan air sungai. Jika ada peringatan EWS warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Di musim hujan ini di wilayah sekitar sungai harus waspada. Kami monitoring terus. Sistem EWS pakai baterai solar cell dan kondisi cuaca kadang- kadang mendung. Sebelumnya ada yang mati beberapa kami langsung perbaiki dan semua EWS sudah dalam kondisi baik, paparnya.

Baca juga :