Lokasi Banjir di Kebumen Meluas

Pun terjadi longsor di 12 titik dan menutup akses jalan
Rabu, 16 Jan 2019 14:43 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Kebumen - Lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), kian meluas pada Rabu (16/1). Bencana terjadi sejak Selasa (15/1) malam, akibat hujan deras.

Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Heri Purwoto, menyatakan, banjir di Kecamatan Adimulyo meliputi Desa Desa Meles, Karangkemiri, dan Plarangan. Lokasi lain di Desa Bumirejo, Kebumen; Desa Wanareja, Karanganyar; Desa Karangmalang, Buayan; Desa Sidoagung, Sruweng; dan Desa Aditirto, Pejagoan.

Jumlahnya masih terus berkembang. Selain desa tadi, ada desa lain yang juga terkena banjir, ujarnya, beberapa saat lalu. Misalnya, Desa Rangkah, Buayan; Desa Ayah, Pasir, dan Demangsari, di Kecamatan Ayah; Desa Karang Pule, Sruweng; dan Desa Jatisari, Kebumen.

Tinggi permukaan air bervariatif dari 30-50 sentimeter, lantaran beberapa air sungai meluap dan tanggul jebol. Sejumlah pohon juga tumbang serta menimpa rumah warga dan menutup jalan.

Tanggul jebol ada di Desa Jogomulyo, Kecamatan Buayan; di Desa Caruban, dan Desa Arjosari, Kecamatan Adimulyo, terangnya. Adapun kali yang meluap, adalah Sungai Karanganyar, Kedungbener, Dilem, Demangsari, dan Adiraja.

Baca juga :