Korban Banjir di Pekalongan Mulai Derita Gatal-Gatal

Hal tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng.
Selasa, 25 Feb 2020 11:18 WIB Author - Yansen Milala

SEMARANG-Sejumlah pengungsi korban banjir di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dikabarkan mengalami gatal-gatal pada area kaki, pusing, serta demam.

Hal tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng di sejumlah titik pengungsian banjir di Kabupaten Pekalongan pada Senin (24/02).

Satria Nova, perwakilan Dompet Dhuafa menyebutkan saat ini kebutuhan yang diperlukan warga untuk kesehatan mereka antara lain salep, obat nyeri, minyak angin agar tubuh tetap hangat, selimut, diapers balita dan lansia, serta pembalut wanita.

Dalam kesempatan tersebut, tim medis memeriksa 70 warga RT4/RW2, Desa Tegaldowo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan mendatangi pos kesehatan untuk memeriksakan diri dan titik kedua di Aula Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan sebanyak 95 warga.

Jika kendala hari ini (Senin,24/02) tim medis kesulitan menembus daerah yang tinggi airnya. Insya Allah selajutnya kami akan membawa perahu karet agar bisa menembus wilayah yang sulit, karena ada warga yang bertahan di rumah. Apalagi berdasarkan data BPBD Kota Pekalongan, beberapa titik masih tergenang air yang cukup tinggi bahkan mencapai 1 meter, kata Koordinator LKC Aan Julianto menambahkan.

Baca juga :