Intensitas Hujan Naik, BPBD Temanggung Siapkan Alat Deteksi Dini Bencana

BPBD Kabupaten Temanggung melaksanakan pengecekan alat deteksi dini bencana.
Senin, 17 Okt 2022 13:16 WIB Author - Rani Nurul Arifah

Kabupaten Temanggung, Pos Jateng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung telah melaksanakan pengecekan alat deteksi dini bencana. Hal ini dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan bencana alam pada musim hujan, seperti banjir, longsor, angin kencang, puting beliung, dan petir.

BPBD Temanggung juga melakukan perbaikan alat yang sudah rusak sehingga dapat mendeteksi potensi bencana alam sedini mungkin.

Peralatan yang rusak diperbaiki, sehingga mampu mendeteksi seawal mungkin akan terjadi bencana alam. Deteksi dini diperlukan untuk menghindari korban jiwa, luka dan meminimalkan kerugian, jelas Kepala Pelaksana Harian BPBD Temanggung, Toifur Hadi, Senin (17/10).

BPBD Temanggung juga mengimbau warga untuk mengantisipasi kejadian bencana alam. Imbauan tersebut dipicu oleh peningkatan intensitas hujan yang cenderung meningkat sehingga menyebabkan peningkatan potensi terjadinya bencana alam di sejumlah wilayah, termasuk di Kabupaten Temanggung.

Sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di sejumlah wilayah potensi terjadi bencana alam, termasuk di Temanggung, kata Toifur.

Baca juga :