Hadapi Covid-19, Uskup Agung Semarang Minta Umat Buka "Lumbung Murah Hati"

Ia juga mendorong umat menggalang kebersamaan dan bergerak bersama dengan lainnya untuk memberikan pelayanan sepenuh hati kepada semua.
Jumat, 10 Apr 2020 12:36 WIB Author - Yansen Milala

MAGELANG-Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko mengajak umat Katolik di wilayah kegembalaannya di sebagian Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, untuk membuka lumbung kemurahan hati dalam rangka mendukung penanganan pandemi COVID-19 dan dampak luasnya.

Saudara-saudara, inilah saatnya kita membuka lumbung-lumbung kemurahan hati kita, membuka gudang-gudang kepedulian kita, membuka tabungan cinta kasih kita, untuk kita gunakan bersama, khususnya dengna mereka mereka yang mengalami kesulitan (akibat pandemi COVID-19, red.), katanya ketika memimpin Misa Kamis Putih secara live streaming dari Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari, Kota Semarang yang diikuti dari Magelang, Kamis (09/04) malam.

Ia juga mendorong umat menggalang kebersamaan dan bergerak bersama dengan lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik serta sepenuh hati kepada siapa saja, terutama yang paling terdampak pandemi virus corona baru itu.

Pada khotbah Misa Kamis Putih secara konselebrasi bersama sejumlah imam Keuskupan Agung Semarang itu, ia juga menjelaskan tentang makna ibadat yang menjadi rangkaian umat Katolik merayakan Tri Hari Suci Paskah tersebut, di mana Yesus memberikan teladan kepada para murid untuk saling melayani, antara lain melalui pembasuhan kaki dan makan bersama.

Ibadat yang juga dikenal sebagai perjamuan malam terakhir Yesus bersama para murid itu, hingga saat ini dilakukan umat Katolik sebagai perayaan ekaristi (misa), sebagaimana mereka jalani, terutama setiap Minggu.

Baca juga :