BPIP Sosialisasikan Pancasila ke GSNI di Yogyakarta

Ssalah satu gunanya untuk memberikan pemahaman tentang dasar negara.
Sabtu, 14 Des 2019 13:51 WIB Author - Rina Suci

YOGYAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyosialisasikan Pancasila kepada ratusan siswa seluruh Indonesia, yang tergabung dalam Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI). Gunanya untuk memberikan pemahaman tentang dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Kegiatan ini sangat tepat, karena berdasarkan data yang ada, sebanyak 127 juta penduduk berada di rentang usia 17 sampai 40 tahun, atau masuk kategori milenial anak-anak muda, kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Lia Kian, saat membuka sosialisasi di Yogyakarta, Sabtu (14/12).

Sosialisasi Pancasila dengan tema Gotong Royong Membumikan Pancasila di kalangan Milenial tersebut, diikuti ratusan siswa kelas X, XI dan XII atau setingkat pelajar sekolah menengah atas (SMA) sederajat, dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng), serta daerah lainnya.

Pada kesempatan tersebut, para siswa GSNI juga dikenalkan dengan lagu Indonesia Raya tiga Stanza yang juga ciptaan WR Supratman. Lagu dikenalkan dan diajak dinyanyikan bersama, karena menurut BPIP dalam liriknya penuh makna, apalagi di stanza kedua dan tiga.

Menurut Lia, generasi milenial sekarang ini sedang menghadapi arus globalisasi, arus westernisasi, arus informasi, oleh karena itu BPIP hadiruntuk mengenalkan kembali kepada para siswa nasional, tentang pentingnya pembumian Pancasila.

Baca juga :