BPBD Bantul Gelar Lomba Ketangkasan Sukarelawan Damkar

Para sukarelawan pemadam kebakaran akan lebih menguasai teknik gelar gulung selang air.
Minggu, 16 Feb 2020 17:19 WIB Author - Rina Suci

BANTUL - Tim sukarelawan pemadam kebakaran dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti lomba adu ketangkasan pemadaman kebakaran, yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Lapangan Trirenggo depan rumah dinas bupati setempat, Minggu (16/2).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto, di sela kegiatan mengatakan, adu ketangkasan pemadam kebakaran yang diikuti sebanyak 30 tim relawan dari DIY dan Jateng ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Nasional ke-101.

Kebetulan hari ini merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) damkar, sehingga kami melatih teman-teman relawan pemadam kebakaran agar lebih fokus untuk meningkatkan kemampuan kalau terjadi kebakaran, jadi sebelum petugas hadir mereka sudah siap mengatasi kebakaran, kata Dwi di Bantul, Minggu (16/2).

Menurutnya, sesuai dengan kegiatan peringatan HUT pemadam kebakaran, maka adu ketangkasan ini khusus untuk petugas pemadam kebakaran dan relawan kebakaran.

Dan karena kebakaran merupakan salah satu bagian dari bencana, maka kalau terkait kesiapsiagaan, ini merupakan salah satu upaya usaha untuk teman-teman relawan itu terus mendapat keterampilan, sehingga dia mampu menangani kejadian kebakaran seperti yang diharapkan, katanya.

Baca juga :