Vaksinasi Lansia Tak Lebih dari 10%, Indonesia Disorot WHO

Lebih dari 60% populasi berusia 60 tahun ke atas di 30 provinsi di Indonesia belum divaksin.
Jumat, 27 Agst 2021 15:41 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti rendahnya cakupan vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok lanjut usia (lansia) di Indonesia. Lebih dari 60% populasi berusia 60 tahun ke atas di 30 provinsi di Indonesia belum divaksin.

Mengutip dari media Anadolu Agency aa.com.tr, cakupan vaksinasi terhadap lansia di 10 provinsi masih di bawah 10%, yakni Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kesadaran akan manfaat vaksinasi Covid-19 pada populasi lansia dan berisiko tinggi penting untuk mengurangi angka kematian, tulis WHO dalam laporan perkembangan situasi Indonesia, Jumat (27/8).

WHO juga mengamati penurunan tren penyuntikan vaksin setiap minggunya di sebagian provinsi di Indonesia, khususnya terhadap lansia.

Sementara itu, merujuk data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), baru 24% lansia di Indonesia yang telah mendapatkan satu dosis vaksin dari target sebanyak 21,5 juta orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 17% atau setara dengan 3,65 juta diantaranya telah menerima dosis lengkap.

Baca juga :