Pembukaan Mal di Daerah PPKM level 4 Diperluas, Maksimal Kapasitas 25%

Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan di sejumlah daerah pelaksana PPKM level 4, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.
Rabu, 18 Agst 2021 09:26 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Pemerintah akan memperluas pembukaan sektor perbelanjaan atau mal pada wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Alasannya, laju penularan Covid-19 kian terkendali dalam sepekan terakhir.

Melalui hasil pembukaan yang cukup terkendali selama seminggu terakhir pada minggu ini, pemberlakuan pembukaan sektor perbelanjaan seperti mal akan diperluas kepada kabupaten/kota level 4 lainnya, ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dilansir dari covid19.go.id, Selasa (17/8).

Pemerintah sebelumnya melakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan di sejumlah daerah pelaksana PPKM level 4, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Kapasitas maksimal di setiap lokasi 25%.

Masyarakat yang ingin masuk wajib menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. Dari percobaan selama sepekan itu, tercatat 1.015.303 orang melakukan lapok masuk (check-in) pada sistem dan 619 di antaranya tidak diizinkan.

Berdasarkan hasil pemantauan, Wiku mengatakan, kebijakan tersebut berhasil lantaran penularan di sektor itu terkendali. Namun, pemerintah tetap mengedepankan kehati-hatian saat melakukan relaksasi.

Baca juga :