Kementerian PUPR Percepat Perbaikan Infrastruktur Rusak di Kawasan Semeru

Kementerian PUPR akan memastikan akses menuju lokasi terdampak bencana Gunug Semeru bisa dilalui untuk kendaraan logistik.
Kamis, 09 Des 2021 11:54 WIB Author - Dessy Nuraulia

Lumajang, Pos Jateng Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengatakan pihaknya akan memastikan akses menuju lokasi terdampak bencana Gunug Semeru bisa dilalui untuk kendaraan logistik. Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya perbaikan insfrastruktur untuk relokasi warga.

Tugas kami adalah mendukung upaya tanggap darurat, pembersihan, termasuk sarana dan prasarana juga sudah didistribusikan. Untuk relokasi warga kita menunggu lokasi yang aman dari Badan Geologi (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), tutur Hedy, saat meninjau lokasi bencana Gunung Semeru, Selasa (7/12).

Dilansir dari pupr.go.id, Hendy menjelaskan pihaknya telah melakukan berbagai langkah penanganan pencarian jalur alternatif untuk menghubungkan Lumajang-Turen-Malang yang putus akibat robohnya jembatan Besuk Koboan.

Pihak PUPR akan membangun jembatan gantung sementara dalam dua bulan ke depan untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Jembatan ini juga dapat dilalui oleh ambulance dan kendaraan darurat.

Kami juga menyiapkan jalur alternatif ke arah selatan sepanjang 2 km yang dibangun oleh Pemkab dan Kementerian PUPR membantu 7 km. Tetapi ini memang tidak bisa digunakan untuk kendaraan berat, hanya logistik ringan, jelasnya.

Baca juga :