Kasus Positif Omicron BA.2.75 Telah Terdeteksi di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan temuan tiga kasus positif subvarian Omicron BA.2.75 di Indonesia.
Rabu, 20 Jul 2022 16:24 WIB Author - Inas Mufidatul Insyiroh

Nasional, Pos Jateng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan temuan tiga kasus positif subvarian Omicron BA.2.75 di Indonesia. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebut, subvarian ini terdeteksi di dua lokasi, yakni dua kasus di Jakarta sementara satu kasus lainnya di Bali.

Kami juga meng-update ke Bapak Presiden, ada subvarian baru yang namanya BA.2.75 yang sekarang sudah beredar di India mulainya, dan sudah masuk ke 15 negara, ini juga sudah masuk ke Indonesia, terang Budi usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan, Senin (18/7).

Budi melanjutkan, Covid-19 subvarian BA.2.75 yang ditemukan di Bali merupakan imported case karena kedatangan dari luar negeri, sementara kasus di Jakarta kemungkinan besar merupakan transmisi lokal.

Sedang kita cari sumbernya dari mana, lanjutnya.

Senada dengan pernyataan Menkes, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K. Ginting Sp.P (K), FCCP, juga menyebut bahwa pihak laboratorium Indonesia sudah melaporkan temuan kasus subvarian yang disebut Omicron Centaurus ini.

Baca juga :