Hati-hati Calo dalam Pelaksanaan SKD CPNS 2021

Tjahyo Kumolo meminta kantor regional pelaksana SKD memastikan tes sesuai aturan, salah satunya bebas percaloan tersebut.
Jumat, 03 Sep 2021 14:13 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo mengimbau para peserta Seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 untuk tidak mempercayai calo. Ia meminta kantor regional pelaksana SKD memastikan tes sesuai aturan, salah satunya bebas percaloan tersebut.

Tiap tahun pasti ada calo. Hati-hati terhadap calo! tegas Tjahjo saat memantau pelaksanaan SKD di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tingginya minat masyarakat untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) membuat hal tersebut sebagai lahan basah bagi sejumlah oknum untuk mencari korban, terutama di masa pengadaan ASN seperti saat ini.

Sudah ditekankan ke semua teman-teman di daerah pelaksana bahwa (pelaksanaan seleksi) harus konsisten, hati-hati dalam menjelaskan serta berikan pemahaman secara jelas, adil, dan akurat, imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB, Teguh Widjinarko menegaskan, jika ada oknum yang menjanjikan seseorang dapat lulus dari proses seleksi tanpa tes maka adalah hal bohong.

Baca juga :