Covid-19 Meningkat Kembali di Singapura, DPR: Indonesia Harus Waspada

Pemerintah diminta jangan terbuai dengan capaian sementara penurunan kasus baru dan harus terus meningkatkan sebaran vaksinasi.
Kamis, 23 Sep 2021 13:31 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Anggota DPR RI, Mulyanto mengimbau Pemerintah Indonesia mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 di Singapura. Pemerintah diminta jangan terbuai dengan capaian sementara penurunan kasus baru dan harus terus meningkatkan sebaran vaksinasi.

Kalau kita tidak waspada, dikhawatirkan muncul gelombang ketiga Covid-19 menerpa negara kita, kata Mulyanto dalam keterangannya di Alinea.id, Kamis (23/9).

Dilansir dari Our World In Data per Rabu (22/9), melaporkan bahwa 100% Covid-19 di Singapura dan Indonesia adalah varian Delta. Jumlah kasus positif harian dengan varian delta di Singapura sebesar 800 kasus. Sementara di Indonesia masih di angka 3.200 kasus baru per hari.

Merujuk data tersebtu, Mulyanto menejelaskan jika dibandingkan secara populasi, maka kasus positif harian per satu juta penduduk Singapura sebesar 148. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia yang hanya sebesar 12 orang per satu juta penduduk.

Kalau ditelusuri, parameter yang lemah di Singapura adalah laju reproduksi yang sebesar 1.81. Sementara Indonesia hanya sepertiganya yakni sebesar 0.6, terangnya.

Baca juga :