Amankan Pasokan Oksigen, Kemenperin Gandeng Perusahaan dalam Negeri

Kemenperin telah mengamankan produksi tambahan oksigen, sehingga total suplai harian menjadi 2.622 ton/hari.
Jumat, 09 Jul 2021 09:55 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Jakarta, Pos Jateng - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengamankan tambahan produksi oksigen dan pengadaan isotank guna mengatasi masalah pengiriman oksigen medis dari industri ke rumah sakit. Kemenperin juga mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri dan jaringan industri luar negeri dalam penyediaan tabung oksigen dan oxygen concentrator/generator.

Sementara ini kami telah mengamankan produksi tambahan oksigen, sehingga total suplai harian menjadi 2.622 ton/hari, 132 truk isotank pengangkut oksigen, 15.906 tabung oksigen, 8.100 unit oxygen concentrator, dan 9 deployable oxygen concentrator system, ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, dilansir dari kemenpering.go.id, Kamis (8/7).

Agus menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri dalam negeri memastikan ketersediaan oksigen dan tabung oksigen guna memenuhi kebutuhan oksigen medis. Ia mengatakan kontribusi perusahaan industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 sangat diharapkan dalam situasi sekarang.

Kami telah menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri dalam negeri memastikan ketersediaan oksigen dan tabung oksigen guna memenuhi kebutuhan oksigen medis. Kontribusi perusahaan industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 sangat diharapkan, jelas Agus.

Ia mengatakan para pelaku industri yang berkontribusi dalam pemenuhan oksigen bagi penanganan Covid-19 adalah PT Samator, yang akan memfungsikan unit liquefaction di Surabaya untuk menambahkan pasokan oksigen medis. Sementara, Airliquide juga mengaktivasi kembali oxygen plant di Cilegon.

Baca juga :