Promosikan Potensi Desa, Pemdes Sabranglor Klaten Pilih Jalur Youtube

Promosikan Potensi Desa, Pemdes Sabranglor Klaten Pilih Jalur Youtube Kegiatan warga Sabranglor saat menanam tanaman obat-obatan. Foto: kanal Youtube Sabranglor Kita

Klaten, Pos Jateng - Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten mulai menggunakan platform Youtube sebagai sarana promosi desa wisata di wilayahnya. Berbagai konten video menampilkan keindahan alam, kuliner lokal dan kegiatan masyarakat pedesaan menjadi ujung tombak setiap video yang diunggah untuk menarik wisatawan.

Pengelola Kampung Wisata Sabranglor, Fajar Ari Widodo mengatakan, alasan memilih Youtube karena mampu membuat jangkauan publikasi konten desa wisatanya semakin luas. Sementara ini, konten yang diunggah mencapai 11 video.

“Kami serius membuat konten youtube baru satu bulan terakhir. Kira-kira sejak ada bimbingan teknis (bintek) website dari Dinas Kominfo Klaten. Saat ini sudah 11 konten kami unggah” kata Fajar Ari Widodo dalam keterangannya, Senin (13/12).

Fajar mengatakan, penonton konten di kanal Youtube Sabranglor telah mencapai ribuan. Ia juga berkolaborasi dengan Komunitas Mahasiswa Peduli Klaten (MPK) untuk membuat konten bersama serta membangun jejering.

“Ternyata respons masyarakat sangat bagus. Video kami di channel Sabranglor Kita sudah dilihat 2.671 warga. Saya juga membangun jejaring dengan Komunitas MPK juga bocah kreatif desa. Saya berharap para youtuber Klaten bisa saling bekerja sama,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Sabranglor, Budi Andrianto mengatakan sangat mendukung perangkatnya untuk berkreasi, khususnya menuju desa pintar. Hal itu dimaksudkan juga untuk mengangkat potensi desa yang ada.

“Desa Sabranglor saat ini sedang membangun embung desa. Rencananya di embung itu akan disulap menjadi arena pemancingan dan kuliner. Informasi desa atau monografi desa diharapkan lebih mudah diakses masyarakat,” pungkasnya.