Usung ‘Wonderfull Journey’, Kemenparekraf Promosikan Indonesia di WTM London 2021

Usung ‘Wonderfull Journey’, Kemenparekraf Promosikan Indonesia di WTM London 2021 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: kemenparekraf.go.id

Jakarta, Pos Jateng – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempromosikan wisata Indonesia di ajang World Travel Market (WTM) London 2021 dengan mengusung tema ‘Wonderfull Journey’.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menjelaskan dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Indonesia tidak hanya mengangkat tentang 5 Destinasi Super Prioritas, tapi juga akan menyikapi perubahan peta bisnis pariwisata yang dipengaruhi perubahan permintaan dan selera pasar.

“Hal ini merupakan implementasi dari tiga strategi utama yang diterapkan dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” ujarnya dilansir dari kemenparekraf.go.id, Senin (1/11).

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa partisipasi Indonesia dalam WTM London 2021 juga menjadi bagian dari persiapan Bali menjadi proyek percontohan pembukaan kembali perbatasan bagi wisatawan internasional.

“Kami akan totalitas mempersiapkan ‘Wonderful Journey’ yang akan didapatkan wisatawan saat berkunjung ke Indonesia. Persiapan mencakup hal-hal yang memungkinkan wisatawan tetap dapat menikmati dan menjelajahi dengan aman selama menerapkan sistem protokol kesehatan,” ucap Sandiaga.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran, Kemenparekraf, Nia Niscaya, menjelaskan Kemenparekraf telah mempersiapkan QR code yang terhubung dengan microsite owned website www.indonesia.travel.

“QR code akan terpasang pada beberapa sisi booth Indonesia. Para pengunjung on-site dapat mengakses langsung dengan men-scan QR code bertuliskan ‘scan and find out what we offer’,” jelasnya.

Nia menjelaskan, secara umum, pesan utama yang akan dibawa ke negara pasar melalui aktivitas Sellers meet Buyers dalam WTM London 2021 yakni Penerapan protokol Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di setiap destinasi wisata sebagai fokus utama.

Selain itu, juga kampanye #ItstimeforBali yang menunjukkan kesiapan Bali untuk menerima wisatawan mancanegara dengen tingkat vaksinasi tinggi yang telah dilaksanakan untuk para pekerja sektor parekraf, dan vaksinasi lengkap dilakukan secara bertahap kepada masyarakat Indonesia.

“Pemanfaatan platform digital juga menjadi warna terbaru dalam format Smart Space dan Activation Package di dalam pameran WTM London 2021. Pengunjung pameran dapat menggali lebih jauh informasi mengenai produk dan pelayanan industri pariwisata Indonesia yang berpartisipasi melalui QR Code,” ujar Nia.