Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Disperpusip Kota Yogyakarta Canangkan Wisata Literasi

Disperpusip Kota Yogyakarta terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya dengan mencanangkan Wisata Literasi.
Jumat, 16 Sep 2022 13:06 WIB Author - Dina Rizky Fitriyanti

Kota Yogyakarta, Pos Jateng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Yogyakarta terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya dengan mencanangkan Wisata Literasi. Wisata literasi merupakan sebuah wisata mengunjungi suatu lokasi dan menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan berkaitan dengan literasi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Disperpusip Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan, adanya wisata literasi menjadi alternatif untuk meluangkan waktu senggang masyarakat pada hari liburnya.

Salah satu rangkaian wisata literasi adalah Saskia (Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta). Kebetulan hari itu anak-anak sekolah ada yang libur ya, jadi kami ajak mengunjungi perpustakaan untuk belajar sambal bermain, paparnya, Rabu (14/9).

Nunun menambahkan, dalam Wisata Literasi, pihaknya juga menyediakan layanan internet, bacaan ringan, majalah, hingga koran secara gratis.

Kita pun terus menyasar kelompok pelajar atau mahasiswa hingga masyarakat umum dalam menyemarakkan wisata literasi ini. Wisata ini juga bisa dipergunakan sebagai pusat informasi, imbuhnya.

Baca juga :