Tingkatkan Literasi, Pemda DIY luncurkan Aplikasi Si Yokca

DPAD DIY meluncurkan aplikasi mobile Si Yokca guna meningkatkan minat baca masyarakat.
Rabu, 22 Sep 2021 15:48 WIB Author - Dessy Nuraulia

Yogyakarta, Pos Jateng Balai Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY) meluncurkan aplikasi mobile Si Yokca guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Aplikasi Si Yokca ini dibuat karena adanya sebuah kebutuhan dan bahwasanya tujuan dari Balai Layanan Perpustakaan, salah satunya adalah peningkatan keanggotaan, ujar Kepala DPAD DIY, Monica Nur Lastiyani.

Dilansir dari Alinea.id, Kata Yokca merupakan singkatan dari Ayo, baca!, yang dalam bahasa Jawa berarti Ayok, maca! dan juga bisa berupa ajakan Yok, cah! alias mengajak generasi muda untuk membaca. Kata Yokca juga dekat dengan pengucapan Yogya.

Menurut Monica, kehadiran Si Yokca memudahkan masyarakat untuk mengakses buku di perpustakaan secara online. Salah satu fitur Si Yokca adalah pendaftaran online yang terintegrasi dengan perpustakaan di seluruh DIY. Sehingga masyarakat akan lebih mudah melihat, mencari, dan meminjam buku dari perpustakaan di mana pun.

Saya berharap, bahwa aplikasi Si Yokca ini akan menjadi berguna bagi masyarakat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, imbuh Monica.

Baca juga :