Penuhi Hak Warga Berkebutuhan Khusus, Dindukcapil Temanggung Perbarui Data Difabel

Dindukcapil Temanggung menyelesaikan pendataan penyandang disabilitas di daerahnya agar perencanaan pembangunan lebih inklusif.
Selasa, 04 Okt 2022 15:44 WIB Author - Inas Mufidatul Insyiroh

Temanggung, Pos Jateng Dinas Kependudukan dan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Temanggung menyelesaikan pendataan penyandang disabilitas di daerahnya agar perencanaan pembangunan dapat dilakukan dengan lebih inklusif.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Temanggung, Bagus Pinuntun mengatakan, pihaknya berupaya merumuskan bahan perencanaan pembangunan yang lebih tepat sasaran berdasarkan kebutuhan penyandang disabilitas.

Kini telah diketahui jumlah penyandang disabilitas di Temanggung, ujar Bagus seperti dikutip dari akun Instagram resmi Pemkab Temanggung, Selasa (4/10).

Bagus menambahkan, pendataan tersebut bukan hanya sebatas jumlah serta sebaran jenis kelamin maupun umur, namun juga ragam atau jenis disabilitas dari warga di daerahnya. Hal ini dilakukan agar kebutuhan masing-masing jenis disabilitas dapat diketahui secara spesifik, misalnya berapa banyak bantuan sosial berupa alat bantu pendengaran bagi warga tuli dan seterusnya.

Dengan mengetahui ragam atau jenis disabilitas, akan diketahui kebutuhan disabilitas yang lebih spesifik, jelasnya.

Baca juga :