Pemprov Jateng Jamin Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Tidak Ganggu Fasilitas Pertanian

Masyarakat terdampak diminta tidak perlu khawatir karena fungsi fasilitas tersebut akan berjalan seperti biasa.
Rabu, 12 Jan 2022 10:45 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Magelang, Pos Jateng - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memastikan pembagunan Jalan tol Yogyakarta-Bawen (Kabupaten Semarang) tidak menghilangkan keberadaan fasilitas umum pertanian, seperti irigasi. Masyarakat terdampak diminta tidak perlu khawatir karena fungsi fasilitas tersebut akan berjalan seperti biasa.

Tetap akan memfungsikan sesuai dengan fungsi awalnya. Kalau irigasi ya tetap difungsikan, kata Analis Kebijakan Ahli Madya Biro Pemerintahan Setda Jateng, Hariyono di sela-sela Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Provinsi Jawa Tengah, Selasa (11/1).

Hariyono menjelaskan, dalam proses pembangunan jalan, saluran irigasi nanti akan diberi akses supaya irigasi tetap jalan. Bahkan dalam finishing pembangunan jalan tol, irigasi yang tertutup akan dibuatkan gorong-gorong, sehingga tidak menghilangkan fungsinya.

Ditambahkan, untuk fasilitas umum berupa jalan-jalan kampung juga akan mendapatkan akses. Namun, karena jalan kampung kemungkinan mempunyai banyak cabang jalan, maka akan digabung menjadi satu jalan sehingga aksesnya lebih besar.

Tidak akan mengisolasi daerah, sambungnya.

Baca juga :