Lima Wilayah Karanganyar Ikut Lomba Kelurahan-Desa

Kelurahan Kalisoro mengunggulkan kebersihan area wisata
Selasa, 30 Apr 2019 11:53 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Karanganyar - Sebanyak dua kelurahan dan tiga desa di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), diajukan sebagai peserta lomba kelurahan dan desa tingkat daerah tersebut pada 2019. Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, salah satunya.

Lurah Kalisoro, Suratno, menyatakan, pihaknya mengunggulkan kebersihan area wisata dalam mengikuti perlombaan. Mereka turut melibatkan paguyuban pedagang di lokawisata Sekipan, Grojogan Sewu, dan Balekambang.

Unggulan dalam penilaian di Kalisoro pada UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Terutama makanan olahan. Kemudian, penataan area wisata yang ramah dan bersih, ujarnya, Selasa (29/4).

Kelurahan Kalisoro diyakini meraih nilai tinggi di bidang pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan pariwisata. Sebab, sampah wisata langsung diangkut. Tidak ada yang tercecer, ucap dia.

Dia menambahkan, hasil sayur-mayur warga Kalisoro bisa langsung dinikmati turis di lokasi terdekat obyek. Buah dan sayur dari lereng Lawu merupakan komoditas untuk mem-branding, terangnya.

Baca juga :