Guna Tingkatkan Kesejahteraan, Kemenkominfo Dorong Petani Manfaatkan Teknologi

Peran teknologi dalam pengembangan pertanian sangat penting. Hal ini, dapat mempermudah pekerjaan petani dalam proses produksi pertanian.
Rabu, 11 Mar 2020 10:54 WIB Author - Yansen Milala

BOYOLALI-Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petani, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, dan Maritim (IKPM) mendorong para petani memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal .

Pada era teknologi seperti sekarang ini, tidak ada alasan untuk tidak maju, dan segala sesuatunya bisa dikerjakan lebih mudah, cepat dan efisien termasuk sektor pertanian, kata Direktur IKPM Kemenkominfo, Setriyani Tangkar, disela acara Pojok Literasi bertema Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Kesejahteraan Petani, yang digelar di Gedung Putih Kantor Bupati Boyolali, Selasa (11/03).

Pada acara acara Pojok Literasi tersebut dihadiri sebanyak 200 petani melenial di wilayah Boyolali, dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Pemkab Boyolali Masruri. Bahkan, pada acara itu, juga menghadirkan narasumber lain, yakni Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bidang Sosial Budaya dan Masyarakat.

Peran teknologi dalam pengembangan pertanian sangat penting. Hal ini, dapat mempermudah pekerjaan petani dalam proses produksi pertanian, kata Setriyani Tangkar.

Setriyani Tangkar mencontohkan teknologi pemanenan hasil pertanian. Jika sebelumnya proses pemanenan hasil pertanian dilakukan dengan cara manual yang memakan waktu lama, dan membutuhkan tenaga kerja yang sangat banyak. Hal ini, tentunya tidak efisien.

Baca juga :