Ganjar Dorong Pemerintah Pusat Percepat Distribusi Primer Untuk Deteksi Covid-19

Saat ini, primer sangat dibutuhkan untuk mempercepat hasil tes PCR (polymerase chain reaction) atau reaksi berantai.
Kamis, 16 Apr 2020 14:31 WIB Author - Yansen Milala

SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pemerintah pusat mempercepat distribusi primer atau zat aktif untuk mendeteksi virus corona jenis baru (COVID-19) ke laboratorium yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Kalau kurang sih gak, tapi perlu percepatan distribusi dari pusat karena dengan adanya penambahan laboratorium itu pasti ada peningkatan kuantitas, katanya di Semarang, Kamis (16/04).

Saat ini, primer sangat dibutuhkan untuk mempercepat hasil tes PCR (polymerase chain reaction) atau reaksi berantai yang biasanya keluar dalam jangka waktu 2-3 hari menjadi hanya beberapa jam.

Untuk melakukan tes tersebut, di Jawa Tengah bisa dilakukan di enam laboratorium yakni di RSUP dr. Kariadi, Rumah Sakit Nasional Diponegoro, Labkesda Semarang, Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, RSUD dr. Moewardi, dan di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pada masa awal kasus COVID-19, hasil tes hanya dilakukan di Kementerian Kesehatan di Jakarta, sedangkan untuk distribusi primer hanya disesuaikan dengan jumlah laboratorium dan jumlah kasus.

Baca juga :