“Bupati Jepara Mantu”, Puluhan Pasangan Dinikahkan Secara Gratis

Bupati Jepara menyelenggarakan program nikah massal gratis perdana, Senin (21/3). Puluhan pasangan turut berpartisipasi dalam acara ini.
Selasa, 22 Mar 2022 16:36 WIB Author - Inas Mufidatul Insyiroh

Jepara, Pos Jateng Bupati Jepara, Dian Kristiandi, menyelenggarakan program nikah massal gratis perdana di daerahnya pada Senin (21/3). Program ini terselenggara atas inisiasinya bersama tokoh muda Nahdlatul Ulama, K. H. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq.

Menurut Bupati yang kerap disapa Andi tersebut, penyelenggaraan nikah massal ini sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat supaya memiliki status hukum yang sah secara agama maupun negara. Program ini juga bertujuan melindungi kaum perempuan dan anak agar memiliki kedudukan serta kejelasan hukum yang kuat.

Barang kali kalau besok ketika berbagi waris dan sebagainya itu tercatat. Tapi kalau tanpa ada catatan sipil, nanti akan bingung membagi warisnya, ujar Andi seperti dilansir dari jepara.go.id.

Meski program tersebut baru pertama kali diselenggarakan, masyarakat terlihat sangat antusias. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pasangan suami istri yang ingin dinikahkan. Dari sebanyak 71 pasangan yang berpartisipasi, 60 pengantin di antaranya adalah Muslim, sementara 11 pengantin dari umat agama lain, yakni Katolik, Kristen, Hindu dan Buddha. Mereka diketahui sudah pernah menikah secara agama, namun belum sah secara negara.

Mereka menikah dengan cara agamanya masing-masing, sambungnya.

Baca juga :