12 DAM Parit Siap Aliri Lahan Pertanian di Gunungkidul

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengupayakan peningkatan produksi pertanian dan optimalisasi lahan dengan meresmikan 12 DAM parit.
Kamis, 30 Sep 2021 09:17 WIB Author - Dessy Nuraulia

Gunungkidul, Pos Jateng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengupayakan peningkatan produksi pertanian dan optimalisasi lahan dengan meresmikan 12 DAM parit di wilayahnya.

Gunungkidul mendapatkan 40 paket program pertanian dari pemerintah pusat yang terdiri dari 12 DAM Parit, 19 pompa, 1 perpipaan, 3 sumur dan 5 perpompaan, ujar Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto pada peresmian pembangunan DAM Parit di Patuk, Selasa (28/9).

Optimalisasi lahan merupakan kegiatan APBN Satker PSP-TP 049094 (Ditjen Sarana dan Prasarana pertanian) yang merupakan output baru penambahan anggaran kegiatan Prasarana Pengembangan Kawasan.

Adapun 2 lokasi optimalisasi lahan kering yang diresmikan oleh Wakil Bupati yaitu kelompok tani Ngudi Mulyo dan Sumber Mulyo.

Kelompok Tani Sumber Mulyo meresmikan perpompaan besar yang mengairi 25 hektar lahan pertanian yang akan di gunakan untuk tanaman padi pada mh 1, tanaman padi pada mh 2 dan mh 3 untuk tanaman hortikultura dan palawija.

Baca juga :