Canggih, Inovasi Gerobak PKL Karya Siswa SMA Ini

Listrik merupakan kebutuhan penting bagi pedagang kaki lima.
Rabu, 05 Feb 2020 15:21 WIB Author - Yansen Milala

Pedagang kaki lima (PKL) kini tak perlu repot dengan persoalan listrik. Pasalnya, seorang siswa SMA Jakarta International School (JIS) kelas 12 Jihwan Shin berhasil memodernisasi panel surya pada gerobak untuk menghasilkan tenaga listrik guna keperluan pedagang sehari-hari seperti menyalakan lampu, kipas, memanaskan makanan, merebus air, dan mengisi daya ponsel.

Bagi pedagang kaki lima yang bekerja sepanjang malam, listrik merupakan kebutuhan yang paling penting. Untuk memenuhi kebutuhan ini, selama ini mereka harus mengisi ulang baterai portabel dengan biaya dan sangat berbahaya jika malam harinya hujan. Dengan panel surya yang bekerja di sepanjang siang untuk menyimpan energi, masalah atau biaya ini akan hilang, kata Jihwan via rilis diterimaRabu (5/2/2020).

Secara otomatis, sambung Jihwan, panel surya yang terpasang akan terpapar sinar matahari di siang hari, kemudian elektron akan terpecah dari atom untuk menghasilkan listrik. Panel listrik ini memiliki dimensi sekitar 1m x 80cm dan menempel di bagian atas gerobak.

Pedagang kaki lima dapat melakukan efisiensi biaya jangka panjang karena setelah panel ini dipasang, mereka tak lagi membutuhkan biaya tambahan. Efisiensi ini tidak hanya menguntungkan PKL secara khusus, tetapi secara umum akan menguntungkan seluruh negara karena listrik adalah sumber daya yang terbatas, jelas remaja pencinta sains dan lingkungan ini.

Baca juga :