Jaringan 5G Diharapkan Hadir Sejalan Ibu Kota Baru

Jaringan 5G juga diharapkan dapat memaksimalkan pengembangan SDM untuk pemerataan tingkat pendidikan.
Rabu, 11 Mar 2020 22:50 WIB Author - Yansen Milala

JAKARTA-Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail, mengatakan teknologi internet generasi kelima (5G) diharapkan dapat hadir sejalan dengan pembangunan Ibu Kota baru Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ibukota (baru) ini adalah ibukota yang alami yang natural tapi yang high-end technology, teknologi terbaru yang harus ada di sana, jadi 5G harus ada hadir di ibukota negara itu juga untuk support connectivity di sana, ujar Ismail dalam Indonesia 5G Ecosystem Conference 2020 di Jakarta, Selasa (11/03).

Jadi sudah ada waktunya juga itu, 2024 itu harus sudah terbangun. Berarti sudah ada time table yang harus run-down mundur ke belakang, berapa lama bangun infrastrukturnya, kapan frekuensi harus disiapkan, itu juga sudah ada patokannya dengan ibukota baru itu, dia melanjutkan.

Pembangunan Ibu Kota baru menjadi alasan digelarnya 5G di Tanah Air, selain mendukung visi misi presiden dan pemerintah yang membutuhkan konektivitas pita lebar. Salah satunya pengembangan SDM untuk pemerataan tingkat pendidikan yang akan jauh lebih baik dengan menggunakan 5G.

Di samping itu, 5G juga mendukung industri 4.0 dan mendorong lima destinasi super wisata baru.

Baca juga :