Film Mencari Soetedja Tayang Hari Ini

Proses riset film berlangsung hingga delapan tahun
Kamis, 15 Nov 2018 07:34 WIB Author - Fatah Hidayat Sidiq

Banyumas - Film dokumenter Mencari Seotedja digelar di Rajawali Theatre Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), hari ini (Kamis, 15/11). Film mengangkat sosok komponis Raden Soetedja Purwodibroto, yang terkenal lewat lagu Di tepinya Sungai Serayu.

Sutradara Mencari Soetedja, Bowo Leksono, mengaku, proses riset film berlangsung hingga delapan tahun. Penggarapan film berbekal kliping fotokopian koleksi keluarga, untuk mengulkan data primer dan sekunder.

Proses pencarian narasi tentang Soetedja ini, cukup sulit. Bahan artikel dari media massa, blog, tulisan salah satu narasumber film (Sugeng Wijono), hingga wawancara dengan putra-putri Soetedja, benar-benar harus melakukan penggalian secara mendalam, bebernya, Rabu (14/11).

Dokumenter 24 menit tersebut, bertutur mengalir dari anak dan keponakan Raden Soetedja. Ada pihak-pihak yang merasa bersinggungan secara kesejarahan.

Proses pengambilan gambar dilakukan di beberapa lokasi. Di antaranya, Banyumas, komplek Pasar Purwareja Klampok, Banjarnegara, Jakarta Pusat, Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bandung.

Baca juga :